4.27.2010

Persepektif Manusia Dalam Al-Qur'an

MANUSIA
Penciptaan Manusia Dalam AlQu'an Surat Al-HAjj Ayat 5 yang berbunyi:" Hai Manusia, Jika Kamu dalam keraguan tentang kebangkitan,maka (ketahuilah)sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari TANAH LIAT, kemudian dari setetes MANI,kemudian SEGUMPAL DARAH,kemudian dari dari SEGUMPAL DAGING, yang sempurna kejadian dan yang tidak sempurna,agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam Rahim apa yang kamu kehendaki sampai waktu yang ditentukan, kemudaian Kami keluarkan Kamu SEBAGAI BAYI,kemudian kamu mencapai KEDEWASAAN,dan diantara kamu ada yang DI WAFATKAN dan ada yang di PANJANGKAN UMURNYA,sampai PIKUN,supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulu diketahui.."
Manusia dapat diartikan berbeda beda,
Menurut BIOLOGIS, ROHANI dan istilah KEBUDAYAAN atau secara Campuran, secara Biologis Manusia di klarifikasikan sebagai HOMO SAPIENS (Bahasa latin untuk Manusia), sebuah spesies Primata dari golongan Mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam Hal Kerohanian,Mereka di jelaskan dalam konsep jiwa yang bervariasi dimana dalam Agama dimengerti dalam hubungannya dengankekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalm mitos mereka juga sering kali dibandingkan dengan Ras lain, oleh pakar Ahli bersejarah mengatakan : Ras MAnusia adalah karakteristik Luar yang diturunkan secara genetic dan membedakan satu kelompok dari kelompok yang lain.
Secara Tradisional oleh para pakar Biologi Ras Manusia dibedakan menjadi 3 Ras yang utama yaitu; Ras Kulit Hitam, Ras Kulit Putih, dan Ras Kulit Kuning. Namun ada yang menambahkan tentang hal ini yaitu Ras Khoisan (orang Bushmen/Hottenthot dari Afrika Selatan)Ras Australoid (Orang Dravida,orang Asia tenggara Asli)seperti orang Papua, dan orang Australia, Ras Negroid (Kulit Hitam), Ras Kaukasoid (Kulit Putih),dan Ras Mongoloid (Kulit Putih).
Adapun kata yang dimaksud Homo adalah Genus dari kata Genera atau yang kita kenal adalah Marga salah satu bentuk Pengelompokan dalam Klasifikasi Makhluk Hidup. Sapiens adalah Bahasa Latin dari penamaan Manusia, Hematnya:"Manusia Adalah Mahluk Hidup yang di Ciptakan dari berbagai unsur esens,yang memiliki pengelompokan dalam Marga setelah struktur Organisme tersusun rapi. Dalam hal ini kita akan mengkaji dari awal sejarah penciptaan, perkembangan, dan peran Manusia selaku Mahluk yang sempurna. Setelah melihat Ayat diatas yang terdapat dalam Surat Al-Hajj, disini bisa kita simpulkan bersama bahwa Revolusi Manusia bermula dari tanah liat,menjadi Mani, menjadi Darah, lalu daging, dan penantian dalam Rahim dalam masa masa pembentukan tulang dan kulit.